Sebagaimana dikemukakan pada salah satu artikel yang berjudul Pengorganisasian Isi Website Sekolah berbasis Joomla, bahwa struktur Isi (content) website Joomla terdiri dari section (seksi), kemudian section terdiri dari category (kategori), dan selanjutnya category terdiri dari articles (halaman).  Untuk kemudahan dalam mengakses isi website, website secara umum memiliki menu-menu  (navigasi)yang pada Joomla pembuatan dan pengaturan menu-menu tersebut bisa dilakukan secara mudah dari halaman administrator.

Isi dan menu joomla adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan baik dalam pembahasan maupun pembuatannya.  Untuk bisa membuat menu Joomla terlebih dahulu isi website Joomla yang akan dihubungkan dengan menu tersebut telah ada dan terstruktur dengan baik.  Oleh karena itu dalam tutorial Joomla kali ini, terlebih dahulu kita akan melihat bagaimana membuat/menyusun isi (content) website sekolah berbasis Joomla baru kemudian dilanjutkan dengan Tutorial membuat Menu website Sekolah berbasis Joomla.
   
Pembuatan struktur Isi Website Sekolah Berbasis Joomla

Sebagai ilustrasi, Struktur isi website yang akan ditunjukkan pembuatannya adalah sebagai berikut:

Seksi 1= Profil
Kategori 1.1=Profil Sekolah(Menu 1)
Halaman 1.1.1=Visi dan Misi
Halaman 1.1.2=Sejarah Singkat
Halaman 1.1.3=Sarana & Prasarana
Halaman 1.1.4=Struktur Organisasi
Halaman 1.1.5=Administrator
Halaman 1.1.6=Guru
Halaman 1.1.7=Program Kerja
Halaman 1.1.8=Kondisi Siswa
Halaman 1.1.9=Komite Sekolah
Halaman 1.1.10=Prestasi
Halaman 1.1.11=Kontak Sekolah

Seksi 2= Informasi (Menu 2)
Kategori 2.1= Agenda Sekolah
Kategori 2.2= Info Sekolah
Kategori 2.3= Berita Pendidikan
Kategori 2.4= Artikel
Kategori 2.5= Galeri Photo

Dengan demikian dalam tutorial ini akan dibuat 2 seksi, seksi 1 (Profil) terdiri dari 1 kategori (Profil Sekolah) yang terbagi lagi menjadi 11 articles (halaman). Seksi 2 (Informasi) terdiri dari 5 kategori. Ini sekedar ilustrasi  saja, jadi mengenai penamaan menu, penambahan menu dan isi bisa disesuaikan dan dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan.

1. Untuk memulai pembuatan struktur isi web Joomla, seperti biasanya Anda harus login ke halaman administrator.

2. Pembuatan seksi-seksi yang dibutuhkan, yaknis seksi (section) Profil dan dan seksi Informasi, dengan mengklik menu: Content => Section Manager. Selanjutnya klik iconNew (kanan atas). Selanjutnya akan terbuka halaman pengaturan seksi baru, silahkan lihat video di bawah untuk melihat cara pengaturan (setting) sebuah seksi baru.

3. Selanjutnya akan ditunjukkan cara membuat kategori (category).  Dalam ilustrasi berikut, ditunjukkan pembuatan kategori: Agenda Sekolah. Kategori Agenda Sekolah, adalah sub dari seksi Informasi. Dengan demikian, seksi Informasi diasumsikan sudah dibuat melalui proses sebagaimana ditunjukkan pada poin no. 2.  Untuk membuat kategori, pertama klik menu: Content => Category Manager. Selanjutnya klik icon New (kanan atas). Selanjutnya akan terbuka halaman pengaturan kategori baru, silahkan lihat video di bawah untuk melihat cara pengaturan (setting) sebuah kategori baru.

Untuk membuat kategori lainnya, lakukan dengan cara yang sama.  Yang perlu diperhatikan ketika mengatur pembuatan kategori adalah penentuan seksi (section) dimana kategori tersebut bergabung. Perhatikan kembali video di atas, terlihat bahwa kategoriAgenda Sekolah tergabung dalam Section (seksi) Informasi. Jangan sampai tertukar, misalnya Agenda Sekolah dimasukkan dalam seksi Profil, atau kategori Profil Sekolah dimasukkan dalam seksi Informasi.

4. Berikutnya akan ditunjukkan pembuatan halaman untuk article.Ilustrasinya adalah pembuatan halaman Visi dan Misi yang merupakan bagian dari kategori Profil Sekolahdalam seksi Profil.

Lakukan hal yang sama ketika membuat halaman-halaman lainnnya.

Beranda        Cara Pesan        Demo        F A Q        Bonus        Kontak